Inilah Tujuan Dikenalkan Blog di Indonesia

Inilah Tujuan Dikenalkan Blog di Indonesia

Inilah Tujuan Dikenalkan Blog di Indonesia


Apa sih tujuan dikenalkan blog di Indonesia? Sebuah pertanyaan umum ketika ada kerumunan orang, pamflet lomba, atau apapun tentang blog, kawan-kawan blogger semua. Saya sebut blogger karena anda tidak akan menemukan artikel ini jika anda bukan seorang blogger. Siang ini kita akan membahan sedikit lebih dalam sebuah situs tebar berita yang bernama blog yang akhir-akhir ini banyak menanyakan kenapa blog builder di Indonesia tutup. Oke tak perlu berlama lagi, karena akan kita ulas dari akar sampai ke ujung dan rantinganya (udah kayak pohon aja)

Kenalkan blog dengan diri anda

Di Indonesia blog dikenal sebagai sebuah situs jejaring kurun awal yang digunakan untuk menulis kisah pribadi, mengabarkan sebuah berita, sebagai tempat mendokumentasikan tugas sekolah, tugas kuliah, tugas mengajar, ataupun tugas tugas lainnya dan dengan bermacam-macam blog.

Seiring perkebangannya blog dan semakin banyaknya pengguna blog maka terjadi pergeseran tujuan, yang awalnya hanya sebagai media informasi dan dokumentasi, atau Menulis cerita di blog. Dewasa ini blog bisa menjadi sampingan atau bahkan menjadi ladang pekerjaan untuk meraup pundi-pundi rupiah. Contoh blognya mana? Banyak, pokoknya kalau di dalam tulisan atau postingan blog terdapat gambar atau atau video yang tidak ada hubungannya dengan artikelnya maka kemungkinan besar itu adalah iklan, dan dari situlah penghasilan pemilik blog berasal. Dan akhir-akhir inipun memang tujuan dikenalkannya blog baik bagi pengguna blog di Indonesia maupun luar pengguna blog negeri sudah mengarah kesitu.

Kok bisa blog yang hanya berisikan tulisan, sedikit gambar ataupun video bisa menjadi ladang untuk mendapatkan penghasilan? Nah, disinilah tujuan dikenalkannya blog di Indonesia saat ini. Tentu sudah bukan rahasia lagi bila dengan melakukan blogging atau ngeblog kita bisa mendapatkan bayaran layaknya pekerja kantoran.

Kenapa dalam hal ini saya samakan dengan pekerja kantoran? Karena menjadi seorang pengelola blog akal lebih berperan dibandingkan okol (fisik). Hanya saja bedanya jika pekerja kantoran dituntut atasan untuk menyelesaikan pekerjaan untuk kepentingan kantor atau kepentingan perusahaan, namun blogger penuntutnya adalah diri sendiri. Jadi seorang pengelola blog adalah karyawan yang merangkap menjadi bosnya. Contoh blog pribadi seperti blog sedang anda baca ini dengan semua sub-domainnya

Blogger tuban


Sudah kenal blog dan blogger?

Memaparkan tujuan dikenalkan blog di Indonesia pada saat Kopdar komunitas Blogger Tuban
Nah, pengelola blog inilah yang nantinya disebut sebagai blogger. Jadi blogger adalah seseorang yang bertugas untuk mengelola blog baik miliknya sendiri maupun milik orang lain. Nah, sampai sini kita akan sedikit feedback ke paragraf sebelumnya dimana disamping sebagai media informasi juga sebagai ladang penghasilan. Apa hubungannya? perhatikan pada kalimat "mengelola blog baik miliknya sendiri maupun milik orang lain". kita fokus pada kalimat yang terakhir yaitu "mengelola blog orang lain", dengan mengelola blog orang lain, tidak mungkin dong kita hanya disuruh mengelola saja, tentu ada fee yang kita dapat dari tugas kita mengelola itu. Dan disini tujuan mengenal blog sudah lebih meluas lagi. 

Jika anda tertarik, anda bisa bergabung dalam komunitas blogger seperti salah satunya adalah Komunitas Blogger Tuban. Dengan mengikuti komunitas atau group-group semacam ini anda bisa tahu banyak tentang pengertian blog dan contohnya dengan lebih terarah tentunya.

Tujuan inti setelah mengenal blog

Semua tujuan sudah terpaparkan, dan saat menganalisan sisi positifnya. Bila ada yang bertanya, apa manfaat blog? Jawab saja disinilah keuntungan menjadi seorang blogger profesional. disamping kita mendapatkan penghasilan dari blog kita pribadi juga bisa mendapatkan keuntungan dari hasil mengelola blog orang lain. Apakah tidak ada keuntungan lain dari seorang blogger? Tentu saja ada, bahkan sangat banyak bila kita mau. sebagai contoh :

1. Bekerjasama dengan penyedia layanan iklan seperti Google Adsense;

2. Mengiklankan produk orang lain atau yang biasa disebut dengan endorsment;

3. Menjual produk sendiri;

4. Mengikuti lomba-lomba;

5. Banyak Teman dan pahala.

Kerugian Menjadi Blogger

Jika ada sisi positif, tentu ada dong sisi negatifnya? Ya, pasti ada, namun hal ini lebih kepada pribadi dari blogger itu sendiri yang mana kualifikasi sama dengan bisnis-bisnis yang lain. sebagai contoh:

1. Penyebaran berita bohong;

2. pencemaran nama baik;

3. penipuan;

4. pembajakan;

5. Tidak punya teman baik, dan banyak dosa.

Setelah tahu tujuan diperkenalkannya blog di Indonesia, seharunya anda sudah bisa menilai sendiri apa keuntungan menjadi seorang blogger atau kerugian menjadi seorang blogger. Semua ditentukan sendiri oleh pengelolanya, baik dari dulu saat blog tidak punya pesaing, sampai sekarang yang dengan ribuan pesaing dengan kemudahan dan fitur-fitur yang lebih memanjakan yang mungkin bisa saja bisa menghacurkan karier seorang blogger. Namun tidak begitu kawan, anda bisa membandingkan sejarah perkembangan blog di Indonesia dengan perkembangan blog di dunia bila dilihat dari asal negara tujuan penemuan blog dan jenis blog itu sendiri. Bila belum bisa membandingan, mungkin suatu saat akan saya ulas.

Saya akhiri tulisan saya disini, semoga sekelumit ketikan ini bisa memacu anda untuk lebih bersemangan lagi mejadi penulis yang baik, menjadi blogger yang baik, menjadi garda depan penepis berita hoaks dan informasi negatif tak bermafaat.

Bila anda tertarik untuk mengenal blog lebih jauh anda bisa membaca cara membuat blog yang baik dan benar bagi pemula anda bisa ikuti link bercetak tebal tersebut. Dengan begini anda tidak perlu lagi bertanya-tanya tentang apa tujuan ngeblog di kolom komentar para blogger atau mungkin malah bertanya Apa arti blog pribadi di Instagram yang belum tentu anda mendapatkan jawabannya secara langsung.
Subscribe