Jawaban UTL 1 Mapel BK TIK

Bloklimasatu.com - Berikut ini adalah Jawaban UTL BK TIK yang sempat saya ikuti beberapa bulan yang lalu. Bila ini berkenan dan bisa dijadikan referensi buat para pembaca budiman. Bila ada kesalahan ataupun hal-hal yang tidak baik, mohon untuk bisa menghubungi kami di kolom Contact pada situs bloklimasatu.com ini. Berikut adalah Jawaban UTL 1 Mapel BK TIK yang saya maksud, semoga berkenan.




1. EULA (End User License Agreement) / software license adalah perjanjian antara pembuat aplikasi perangkat lunak dan pengguna aplikasi tersebut. yang menyatakan bahwa pengguna boleh menggunakan perangkat lunak ini dengan syarat;

Commercial Operating System:
a. Windows
Keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis..
b. Mac OS
Dibuat oleh Apple Inc. untuk Komputer Personal Macintosh pada tahun 1984 sampai 2001. OS yang mempopulerkan penggunaan GUI
c. Blackberry
OS Mobile, yang dikembangkan oleh Research In Motion untuk perusahaan BlackBerry pada smartphone. Sistem operasi menyediakan multitasking dan mendukung perangkat input khusus yang telah diadopsi oleh RIM untuk digunakan dalam handheld.
d. Symbian
OS yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk digunakan peralatan bergerak (mobile). Sebelum Nokia mengumumkan pembelian seluruh sisa saham Symbian Ltd.

Free Operating System:
a. Unix
OS komputer yang diawali dari project Multics tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph (AT&T), dengan biaya dari DARPA atau ARPA.

b. Chromium OS
OS yang dirancang oleh Google Inc. untuk bekerja secara eksklusif dengan aplikasi web. diumumkan pada tanggal 7 Juli 2009, dan versi stabilnya akan diluncurkan umum pada paruh kedua tahun 2010

c. Haiku (OpenBeOS)
Proyek sistem operasi open source untuk menciptakan Be Operating System pada komputer x86 dan PowerPC. Dimulai 2001 setelah Be dibeli oleh Palm, Inc. dan BeOS tidak lagi dilanjutkan dan berganti menjadi HAIKU

d. Sun Solaris (Oracle Solaris)
OS keluarga Unix yang sebelumnya dikembangkan oleh Sun Microsystems Inc. pada 1993, Solaris dikenal sebagai Oracle Solaris. dikenal karena skalabilitas pada OS berbasis SPARC

2. Perangkat Lunak Berbasis Data
a. select id_buku, jum_buku_terjual
From, buku
Short by, n_max (jum_buku_terjual)

b. select, judul_buku
from, buku
short by, ‘teknologi’

c. select, genre, jum_buku_terjual
from, buku
short by, 0>100

d. select, genre, jum_buku_terjual
from, tabel
avg (jum-buku_terjual)

e. select, judul_buku
from, buku
select, nama_pengarang
from, pengarang

3.  Pemanfaatan TIK
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mengalami perkembangan yang sangat signifikan dalam belasan tahun terakhir ini. Berbagai bidang mulai mengadopsi teknologi ini dengan berbagai alasan. 
Sedangkan 4 browser yang saya ketahui adalah:

a. Internet Explorer IE (IE atau MSIE)
besutan microsoft yang gratis. diluncurkan pada 16 Agustus 1995. Bahkan tujuh tahun silam, Internet Explorer 5 sbg web browser terbai.

b. Safari Browser
Buatan Apple inc. berlogo gambar kompas ditujukan oleh sistem operasi MAC OS, sudah bisa dipasang di OS keluarga windows.

c. Mozilla firefox 
Browser yang aslinya bernama phoenix ini dikembangkan oleh yayasan mozilla dan ratusan sukarelawan. Yang pasti.

d. Google Chrome
Menggunakan mesin wedering WebKit dg nama Chromonium. Versi beta pada 2 September 2008 dalam 43 bahasa. Terbaru "Google Chrome With 3D"

4.--
a.  input (a,b,c)
If (8:7:8)  the write
If (a>b and a>c) {
C=8+7
} else=15 and
C=8-7
}c=1 and
Cetak (a=8,b=7,c=1)

b. for (i=20;i>=30;i++){
if (1 mod 3=0 or mod 4=0){
cetakl (1)
}
}
I=0

5. Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device.
a. Transmitter
Alat kelanjutan dari sensor, salah satu elemen dari sistem pengendalian proses. Sebagai alat ukur yang disebut sensor. Ia mengubah sinyal yang diterima dari sensor menjadi sinyal standart. Kegunaannya:
1. Recorder yang bekerja dengan standart sinyal yang sama
2. pengiriman sinyal kepada jarak yang cukup jauh dan cepat serta aman
3. Menekan biaya pengoperasian maupun biaya pemeliharaan.

b. Receiver (Penerima)
Receiver menerima sinyal dari sistem transmisi dan menggabungkannya ke dalam bentuk tertentu yang dapat ditangkap oleh tujuan.

c. Modem
Alat pengubah sinyal digital menjadi sinyal analog
Menghubungkan perangkat dalam jaringan
Melakukan kegiatan modulasi dan demodulasi
Melakukan pemeriksaan paket data dan komunikasi
Melakukan kompres data yang dikirimkan melalui sinyal