Guwoterus, Destinasi Wisata Baru di Tuban

Bloklimasatu.com - Beberapa tahun terakhir banyak sekali destinasi wisata baru di Kabupaten Tuban yang menawarkan hiburan ataupun sebagai tempat untuk melepas lelah bersama keluarga dan teman sejawat. mulai dari wisata laut, wisata pantai, wisata, hutan, wisata anak-anak, wisata religi, wisata pendidikan, ataupun wisata-wisata lainnya; karena Tuban memang kaya akan potensi wisata, terlebih bila terjalinnya kerjasama atar pihak yang berwenang. Dari sekian banyak tempat wisata di Kabupaten Tuban yang sedang viral menjadi perbincangan warga adalah wisata alam Guwoterus.


Bukan hal aneh bila wisata Guwoterus ini cepat menjadi viral beritanya, disamping banyak orang yang membicarakannya dari mulut ke mulut, sosial media juga berperan aktif terhadap signifikan terhadap beredarnya berita Guwoterus sebagai destinasi baru di Tuban. Disamping itu juga, tempatnya yang mudah dijangkau dan menjadi perlintasan utama warga menuju ke kota kabupaten.


Wisata Guwoterus ini terletak di Desa Guwoterus Kecamatan Montong Kabupaten Tuban. Letaknya yang memang berada di tengah jalur menuju Kabupaten bagi sebagian besar warga Kecamatan Singgahan, Kecamatan Bangilan, Kecamatan Jatirogo, Kecamatan Senori, dan Kecamatan Kenduruan menjadikan tempat ini cepat terkenal dengan dipasangnya beberapa banner dengan beraneka ragam fasilitas yang disediakan.



Mungkin bagi sebagian banyak orang yang sering lewat, adalah hal biasa, tidak banyak perubahan yang ditampilkan selain terpasangnya banner dipinggir jalan. Tapi bagi saya pribadi, sebelum Guwoterus viral dan menjadi Desa destinasi wisata, saya setiap pergi ke Kota Tuban sudah dibuat takjub dengan bongkahan batu besar dengan jalan raya yang membelah di tengahnya untuk menghubungan beberapa kecamatan di selatan kota Tuban untk menuju pusat kota yang sering disebut dengan Watulawang.



Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, bahwa wisata Guwoterus ini tidak hanya menawarkan jalur desa yang disulap menjadi tempat wisata saja, akan tetapi banyak fitur kesenangan dan pengalaman yang ditawarkan, diantaranya Kerajinan dari Bambu, Peternakan Burung Dara, Rumah Baca Siaga, Radio Siaga FM 107,2 mhz, Pendekar Siaga, bike adventure, joging adventure, jeep ofroad, caving ( jelajah gua) dan River Tubing sebagaimana disampaikan oleh mas Reyvan.



Tidak lengkap rasanya bila wisata di pedesaan; jawa khususnya tidak ada mitos yang berkembang di dalamnya. Sebagai destinasi wisata, Guwoterus juga memiliki mitos yang beredar di dalamnya. Yaitu dari nama wisata ini sendiri Guwoterus. Sekitar 3 kilometer ke arah utara dari Watulawang ada sebuah goa yang konon menjadi cerita asal muasal dari Guwoterus ini. Bila membahas mitos, ketika kita masuk ke dalamnya, maka larangannya adalah kembali atau keluar melalui pintu yang sama. Yang artinya kita harus keluar melaui pintu yang ada diarah lain.



Ketika pertama kali saya kesana ada rasa takut dan malas untuk memasukinya. Karena disampaing temaptnya yang waktu itu sepi; karena saya berkunjung tidak pada hari-hari wisata atau hari libur. Namun dengan memberanikan diri dan ditopang dengan beberapa teman yang ikut waktu itu saya memberanikan diri, bahkan menyempatkan foto di dalamnya. Setelah memasukinya ternyata tidak ada aura-aura aneh yang membaut bulu kuduk merinding, melainkan kedamaian dan rasa sejuk, atau mungkin memang saya yang kurang peka dengan hal-hal demikian. Dan ternyata antara pintu masuk dan pintu keluar goa tidaklah jauh, karena hanya sekitar 10 sampai 15 meter saja.



Bila menilik dari perjalanannya, Guwoterus bisa menjadi destinasi wisata ini tidak lepas dari peran serta Pendekar Siaga dan kontribusi masyarakat dan aparat sekitar sehingga bulan Desember tahun 2017 yang lalu Bupati Kabupaten Tuban Fathul Huda mendeklarasikan Guwoterus sebagai Desa wisata berbasis sedekah.


Perkembangan pesat yang ada di desa Guwoterus Kecamatan Montong ini tidak lepas dari produktivitas dan kemandirian warganya untuk maju mejadi lebih baik. Karena selain Pendekar Siaga ada juga Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Tabungan Akhirat. UPZ sendiri digagas sekitar tahun 20105 dan sudah banyak membantu warga sekitar maupun mengembangkan desanya.

Sebagai warga biasa yang menginginkan keberlangsungan alam yang lebih lama dan baik kedepannya, saya sangat mendukung dengan apa yang dilakukan oleh semua elemen mansyarakat Kecamatan Montong dan sekitarnya untuk menjadikan Guwoterus sebagai destinasi wisata di Tuban. Jangan lupa untuk tetap menjaga kearifan lokal dan membuang mantan, eh sampah pada tempatnya. 

CMIIW.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2018 Bloklimasatu - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger