Ada Yang Unik Di Karnaval Bangilan

Ada Yang Unik Di Karnaval Bangilan
Bloklimasatu.com - Ada yang unik di karnaval Bangilan. Adalah hal yang saya rasakan ketika menyaksikan acara rutin yang digelar pemerintah kecamatan Bangilan. Karnaval jalan raya dalam rangka memperingati kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72.

Acara yang dihelat hari ini (24/08/2017) dimulai dari pukul 14.00 dimana waktu yang sangat tepat untuk menghelat acara seperti ini. Dengan kondisi jalanan yang sudah tidak terlalu banyak lalu lalang orang bekerja, terik mataharipun sudah mulia berkurang.



Dengan start dari perempatan desa Ngrojo dan Finish di pasar kecamatan Bangilan menjadikan peserta tidak terlalu jauh menempuh perjalanan, pun dengan warga yang setia menonton dari habis dzuhur tidak perlu jauh-jauh mencari tempat untuk menikmati penampilan peserta karnaval.

Karnaval yang dilaksanakan adalah untuk tingkat SMA sederajat dan umum. Tak ayal banyak desa ataupun komunitas yang berduyun-duyun mengikutinya. Disamping memeriahkan pesta kemerdekaan, bisa juga diselipi dengan promosi produk ataupun karya komunitas, sebut saja yang dilakukan oleh salah satu paguyuban seni reog maupun wayang yang dimiliki oleh warga Bangilan.



Dan tak luput dari perhatian saya adalah kinerja keren dari pihak keamanan. Baik dari kepolisian maupun TNI yang mengawal jalannya acara dari awal sampai akhir. Terbukti beda dengan tahun-tahun sebelumnya, nyaris tak ada kendaraan pribadi yang menembus jalanan sehingga mengganggu karnaval maupun penonton.

Nah, hal unik dan menarik yang menyita perhatian saya adalah dari sekian tampilan putra putri bangilan yang berbalut pakaian mewah, ada juga yang mencoba mendengungkan untuk hematbiaya dengan menggunakan pakaian dari barang bekas pakai, ataupun pakaian yang di desain dari daun pisang, dan dedaunan lainnya. Bagi saya itu adalah nilai plus tersendiri.



Disamping dari segi pakaian, saya pribadi juga menyoroti jargon yang dibawa oleh peserta karnaval. Ada yang berani tampil beda dengan membawa isu Nasional, bukan tentang bendera negara tetangga, tapi jargon yang mereka bawa adalah tentang pemanfaatan sumber daya nasional, baik sumber daya manusia (SDM) maupun sumber daya alamnya (SDA).



Hal unik lain yang membuat saya dan teman-teman sore tadi tertawa tak henti-henti sekaligus takjub adalah penampilan dari kelompok desa. Dalam penampilan ini saya lebih memperhatikan kepada mentalitas dan akting yang disajikan oleh peserta karnaval tersebut, salah satunya seperti foto dibawah ini.

Bila membahas tentang keunikan-keunikan yang ada di karnaval Bangilan kali ini tidak akan ada habisnya. Jika sampean masih penasaran mungkin tahun depan bisa menyisihkan waktu untuk datang sendiri. Dan untuk mengobati rasa penasaran sampean tentang bagaimana keseruan karnaval tadi, bisa menyaksikan video berikut. Terima kasih.

Posting Komentar

37 Komentar

  1. Beneran unik unik bang saya suka.

    BalasHapus
  2. ini pertama kali bagi saya mendengar nama karnaval bangilan dari tuban. makasih atas info yang diberikan gan!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama gan.
      Kalau ada waktu bisa main bareng gan. :)

      Hapus
  3. wkwkwk sumpah unik nih,, btw itu daerah mana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagian selatan kabupaten Tuban Jawa Timur gan.

      Hapus
  4. masih bagus carnaval jember punya gann JFC hhaha.

    BalasHapus
  5. Mantep kreatif semua gan

    BalasHapus
  6. (( cinta tak kenal usia )) haha..

    BalasHapus
  7. keren banget nih ada festivan bangilan, jd pengen kesana kostum nya ngiler

    BalasHapus
  8. Kostum yg ada sayapnya gokil keren abis

    BalasHapus
  9. Keren nih karnavalnya. Kreatif dan meriah

    BalasHapus
  10. Karnavalnya sederhana banget tapi bermakna sama tinggi

    BalasHapus
  11. Karnaval di Bangilan keren-keren ya.
    Pas karnaval kemarin aku nontonnya sorean. Siang, panas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. loh, ikut nonton juga ta mbak?
      Sore lebih segerr...

      Hapus
  12. Indonesia memang kreatif orang2 nya

    BalasHapus
  13. keren keren gan , keren tuh yang pake sayap

    BalasHapus
  14. Itu yang jadi pengantin.,"cinta tak mengenal usia" gambarnya yang keren atau potografernya yang keren ya mas.., hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha.... Emang modelnya keren banget kak. Mentalnya kece badai dah.
      Sampek photografernya yang gak kuat.

      Hapus
  15. wow bener-bener unik nih, indonesia memang ragam yg kreatifnya

    BalasHapus
  16. keren karnaval ter unik di bangil

    BalasHapus
  17. mantep nih karnaval nya :D

    BalasHapus
  18. Indonesiaku :D negeri yang penuh dengan orang-orang kreatif :D

    BalasHapus
  19. Keren keren

    Itu d daerah mna iia

    BalasHapus
  20. salam kenal, infonya keren yah tentang perkembangan Indonesia terkini ;)

    BalasHapus
  21. betul-betul mantap seandainya di daerah saya ada karnaval semacam ini pokoknya seru abis dah..

    BalasHapus
  22. Wohhh karnavalnya meriah banget ya desainnya niat banget kaya

    BalasHapus