BLANTERVIO102

Budidaya Kayu Putih Di Hutan Banjarworo

Budidaya Kayu Putih Di Hutan Banjarworo
Thursday, May 26, 2016





Bloklimasatu.com - Kayu putih (Melaleuca cajuputi sub sp. cajuputi) tersebar secara alami di kepulauan Maluku dan Australia bagian utara. Jenis ini telah berkembang luas di Indonesia, terutama di pulau Jawa dan Maluku dengan memanfaatkan daunnya untuk disuling secara tradisional oleh masyarakat maupun secara komersial menjadi minyak atsiri yang bernilai ekonomi tinggi. Jenis tanaman ini mempunyai daur biologis yang panjang, cepat tumbuh, dapat tumbuh baik pada tanah yang berdrainase baik maupun jelek dengan kadar garam tinggi maupun asam dan toleran ditempat terbuka serta tahan terhadap kebakaran.

Nah, kemarin sore saya diajak seorang teman dari kawasan sekitar budidaya, tepatnya desa Tiwian yang namanya tidak mau disebutkan untuk sekedar jalan-jalan melihat proses budidaya jeruk manis di puncak gegunung. Namun karena tujuannya memang jalan-jalan untuk mencari pengetahuan agro, jadi ketika melewati pertigaan menuju rumahnya, dia mengajak saya untuk melihat proses budidaya pohon kayu putih.



Dari pertigaan bahoro menuju desa Tawun dan Tiwian sekitar 200 meter masuk ke utara sudah terlihat 3 ibu-ibu sedang memproses beberapa jenis tanah sebagai bahan untuk bertanam kayu putih. Ada yang mensortir, adan pula yang mencampur dari beberapa tanah tadi.

Dilokasi saya dan teman saya langsung ditemui oleh bapak Sadikun yang merupakan petugas dari Dinas Kehutanan yang diberi tugas untuk mengelola budidaya kayuputih di tempat tersebut. Dalam perkenalan ini, ternyata beliau berasal dari Sambonglombok Bangilan, wah ternyata tetangga sendiri, meski agak jauh. Hehe..

Nah, setelah perkenalan, mulailah sesi tanya jawab dengan suasana ringan. Dari perbincangan tersebut, dapat saya ketahui bahwa, sistem budidaya kayu putih ini tidak begitu ribet seperti yang saya bayangkan ketika pertama sampai di lokasi.



Proses penanaman pohon kayu putih ini dilakukan dengan cara stek, yakni mengambil bagian ujung, atau bagian teratas yang dekat dengan daun termuda dari pohon, kemudian dipetik atau dipotong dan di pindahkan ke tempat yang baru.

Ada beberpa hal yang dibutuhkan untuk menanam kayu putih ini sendiri, antara lain:

1. Plastik polibek atau yang sejenisnya

2. Tanah biasa, pasir, dan campuran kompos

3. Air yang memadai untuk menyiram pagi dan sore

4. Paralon, sbagai tahanan penutup

5. Plastik lebar, sebagai tutup penghangan

6. Paranet, untuk mengurangi sengatan sinar matahari
Share This Article :
Bloklimasatu

Let`s Be Friend

TAMBAHKAN KOMENTAR

Kalo boleh tau manfaat kayu putih apa aja ya gan?

Balas

keren nih budidaya kayu semakin maju didaerah jawa semoga pemerintah nyari kayu dalam negri

Balas

Prospeknya tinggi g min buat jangka waktu yang lama ?

Balas

Kemarin pas diskusi hasil budidaya dikirim ke Cepu gan.

Balas

Tentunya tinggi. lebih2 bila sudah bekerjasama dengan perusahaan.

Balas
5658470314006534179