Nakal Itu Pilihan, Nakal Itu Relatif


Bloklimasatu.com - Terkadang kita sebagai manusia kurang bisa memahami karakteristik orang lain, bahkan mungkin masih kurang jeli dalam memahami karakter diri kita sendiri. Dan tidak jarang pula kita sok menjadi juri dari panggung kehidupan oraang lain.

Nah, dari sekian banyak fenomena yang terjadi disekitar, mulai salah persepsi, perubahan penilaian, gosip, bahkan menghakimi setiap bola mata mengarah. Dari kejadian-kejadian ini saya mencoba menganalisa tentang arti nakal.

Menurut KBBI nakal adalah suka berbuat kurang baik (tidak menurut, mengganggu, dan sebagainya. Atau tingkah laku secara ringan yang menyalahi norma yang berlaku dalam suatu masyarakat.

Anak-anak atau remaja yang masih dalam masa belajar sering melakukan hal-hal yang terkadang menurut orang dewasa adalah salah. Dan dari kesalahan itu sang anak sering disebut nakal.

Padahal dalam masa pertumbuhan, anak manusia membutuhkan lebih banyak perhatian dari walinya. Baik itu orang tua, guru, maupun orang dewasa yang ada disekitarnya.

Satu kesalahan saja dalam memberikan penilaian dan tindakan, maka imbasnya akan terawa dalam waktu yang tidak sedikit. Atau sampai ada orang yang memerikan penjelasan kepadanya, dan dia mampu menerimanya.

Anak yang tidak ada ketertarikan terhadap matematika misalnya, bukan berarti si anak benci dengan pelajaran ini. Akan tetapi banyak factor yang melandasinya. Bisa jadi metode pengajaran yang kurang menarik sehingga tidak sampai ke otaknya, fasilitas yang kurang memadai, atau memang si anak sendiri yang lemah dalam pelajaran ini. Karena guru tidak bodoh.

Dan anak seperti yang saya paparkan barusan, belum bisa disimpuljan sebagai anak nakal. Bahkan ketika si anak lebih memilih keluar dari kelas untuk menemukan hal yang lebih menarik dari apa yang disampaikan sang guru.

Untuk mengetahui yang sebenarnya dan menghindar salah persepsi dan lain-lain,tentunya butuh pendekatan-pendekatan dari beragai aspek seperti yang saya sampaikan di atas.

Nah, ketika semua unsur sudah terpenuhi, mulai dari metode mengajar yang benar, fasilitas yang memadahi, pendekatan dari beragai aspek, dan ternyata si anak tidak bodoh dan malas untuk berfkir, maka anak seperti ini bisa dikategorikan sebagai anak nakal, dan pantas untuk mendapatkan sanksi atau hukuman.

Karena anak nakal itu, anak yang tidak mau menggunakan otak dan mengalihkannya dengan hal-hal yang tidak bermanfaat. Tentunya setelah beragai pertimbangan dan penelitian yang banyak tadi. Dan ini juga berlaku untuk atasan terhadap bawahannya.

Ini hanya sebuah opini, setiap orang boleh sependapat ataupun tidak. Semoga bermanfaat.
Bloklimasatu
adalah wadah untuk membagikan setiap informasi dan pengetahuan yang kami terima maupun ide dan cerita yang ada dalam pikiran untuk diketahui oleh banyak orang agar bisa bermanfaat bagi sesama.

Related Posts

35 comments

  1. ooh, begitu, thanks info nya yo gan?

    ReplyDelete
  2. sama2 gann,.
    Itu opini kok. jdi tiap orang bisa berbeda,. :)

    ReplyDelete
  3. kata bapak saya dulu saya nakal keterlaluan, tapi sekarang saya lebih menjaga sikap agar tidak dibilang nakal

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya intinya kata nakal tidak selalu negatif mas.
      tergantung pada implementasinya,. :)

      Delete
  4. bener banget kak... saya sangat setuju dengan opini yang kakak berikan!

    ReplyDelete
  5. saya sepakat dengan nakal itu relatif,,,,

    ReplyDelete
  6. keren , silahkan nakal asal idak menyalahi atturan :D

    ReplyDelete
  7. orang kita kebanyakan salah mengartikan anak baik menjadi anak pendiam/penurut. dan akhirnya pendefinisian anak nakal juga menjadi keliru.

    ReplyDelete
  8. ane dah dicap nakal gan...Padahal ane nakal yang positif...

    ReplyDelete
  9. nah itu dia, banyak orang suka berpandangan bahwa anak nakal itu semuanya sama gak ada bedanya..
    dilihat dulu lah nakal yang gimana dulu

    ReplyDelete
  10. bagus banget ini blognya gan, kalo agan ngeblognya labih serius dan emang serius buat cari penghasilan mending agan pake wordpress dan hosting buat di masa yang akan datang agan gak krepotan untuk migrasi. Mumpung masih awal mending langsung jos sekalian jangan setengah2.

    coba dulu hosting di sini cloud hosting gratis lebih baik dari idhostinger yaitu MimiSpace.co klo merasa cocok tinggal upgrade aja ke unlimited. murah kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih gan atas sarannya.
      Saya masih awam untuk hosting. ini juga coba-coba kemarin.Maunya juga gak setengah-setengah, tapi ilmunya yang belum nyampek.
      Makasih atas sarannya.

      Delete
  11. Hehe bener banget tuh nakal emang pilihan tergantung diri kitanya aja

    ReplyDelete
  12. Ohh jadi seperti itu gan nakal relatif yang menting masih wajar

    ReplyDelete
  13. masih mending ya nakal relatif gtu

    ReplyDelete
  14. nakal sudah biasa gan dijaman sekarang, tapi ya harus bisa ngebatasin jangan sampe merugikan diri sendiri atau orang lain

    ReplyDelete
  15. nakal boleh, tapi jangan kelewatan nakalnya

    ReplyDelete
  16. ane sendiri pernah jadi remaja n merasa nakal juga,semakin dewasa padi akan merunduk.....kcuali si cupetong si bocah tua2 keladi...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha... yang terakhir tuh gan agak bikin ngakak.

      Delete
  17. Nakal diawal gapapa yang penting jangan keterusan

    ReplyDelete
  18. Nakal boleh2 aja yang penting sembodo gan

    ReplyDelete
  19. klo ga nakal ga seru asal nakalnya tidak menyalahi aturan negara dan agama saja

    ReplyDelete
  20. Nakal itu bener sekali relatif. Padhal nakal itu perlu agar lebih berwarna . Asal jangan melanggar hukum

    ReplyDelete
  21. tapi remaja jaman sekarang sih, yang disebut "nakal" itu yang ngerokok. dll

    ReplyDelete
  22. nice post gan, justru orang orang kreatif itulah anak anak nya nakal nakal ckckck

    ReplyDelete
  23. nakal itu untuk pembelajaran di kehidupan selanjutnya ehehehe,.

    ReplyDelete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter