Apa sih Chipset itu?

Bloklimasatu.com - Chipset. Ya, setelah tadi saya bahas tentang pertimbangan sebelum membeli gadget, klai ini saya akan membeberkan beberapa penjelasan tenatng beberapa istilah yang mungkin masih asing bagi beberapa orang.



Bukan bermaksud menggurui, tapi lebih ingin berbagi dan saling sharing saja. Biar tidak lama-lama, langsung saja kita bahas. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang chipset dulu.

Chipset adalah kumpulan microchip yang terdapat pada motherboard yang dirancang untuk bekerja sama untuk melakukan fungsi tertentu.
Fungsi umum chipset adalah mengatur aliran data antar komponen yang terpasang pada motherboard.

Fungsi lain chipset adalah menganaliasai dan mengkonfigurasi selulruh peralatan tambahan.

Chipset North Bridge
Chipset ini berfungsi mengatur atau mengkoordinasikan aliran data dari Processor, AGP (Accelerated Graphics Port) dan RAM ( Random Access Memory).
Chipset South Bridge

Chipset ini berfungsi mengatur atau mengkoordinasikan aliran data dari piranti I/O, PCI Slot, USB, Etherhet, Audio, Harddisk dan Floppy.

Dalam android sendiri ada beberapa chipset atau processor yang terkenal dan sering digunakan. Berikut ini akan sedikit saya kutip.

1. MEDIATEK
Processor atau chipset Mediatek yang lebih dikenal dengan sebutan MTK ini sekarang mulai berkibar di kancah smartphone melebihi snapdragon. Mediatek terkenal murah tapi tidak murahan. Dimana dengan kinerja yang tinggi sekelas snapdragon dan harga lebih murah tentunya banyak vendor yang melirik menggunakan MTK sebagai Otak smartphone-nya.

2. TEGRA
NVIDIA. Ya produsen GPU terkenal inilah yang telah menciptakan TEGRA. Dimana TEGRA adalah chipset pertama yang telah menggunakan teknologi Quad-Core. Processor Tegra yang terkenal adalah Tegra 3 dimana keunggulannya adalah hemat daya dan visualisasi yang bagus.

3. OMAP
Dengan keunggulannya memproses tampilan antarmuka situs-situs internet Maka processor OMAP besutan Texas Instrument ini terkenal dengan mobilitasnya di dunia Internet Mobile. Kelebihan lainnya yang dimiliki Processor OMAP adalah kemampuannya dalam mengolah dan memproses tampilan kamera primer maupun sekunder pada smartphone.

4. SNAPDRAGON
Processor paling banyak digunakan saat ini adalah jenis ini. Dimana Snapdragon dari hasil karya Qualcomm ini dikenal memiliki kinerja bagus dan tinggi dibanding dengan processor-processor lainnya.Namun akhir-akhir ini snapdragon mengalami degradasi di dunia chipset karena banyak vendor yang mengeluhkan adanya jenis snapdragon tipe 810 yang cepat panas dan akhirnya samsung yang sebelumnya banyak menggunakan snapdragon sebagai CPU smartphone-nya beralih ke Exynos.

5. EXYNOS
Processor Exynos ini dibesut oleh vendor kenamaan yaitu Samsung Electronic. Dengan basis sistem On Chip ( SoC ) maka processoor jenis ini dikhususkan penggunaannya pada perangkat mobile samrtphone maupun tablet. Exynos banyak sekali variannya seperti Exynos hummingbird, Exynos 3110 dan lain sebagainya. Bahkan samsung galaxy S6 juga dibekali chipset jenis ini karena terkenal dingin.

Nah, dari beberapa yang saya sebutkan diatas, tentu ada yang sudah familiar dan mungkin juga ada yang belum. namun saya selalu berharap apa yang saya sampaikan bisa sangat bermanfaat untuk sahabat 51 semua.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2018 Bloklimasatu - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger