Akreditasi Sekolah - Madrasah



Bloklimasatu.com - Menurut Wikipedia Akreditasi atau pentauliahan adalah suatu bentuk pengakuan pemerintah terhadap suatu lembaga pendidikan swasta. Salah satu contoh akreditasi adalah akreditasi pada metode tes laboratorium dan sertifikasi spesialis yang diperbolehkan mengeluarkan sertifikat resmi suatu yang telah memiliki standar.
Masih menurut Wikipedia Berdasarkan Undang-Undang nomor 22 tahun 1961, di Indonesia, akreditasi diberikan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Hasilnya berupa tiga tingkatan status, yaitu terdaftar, diakui, dan disamakan.
Dalam prosesnya, dalam penyusunan akreditasi ada banyak hal yang dibutuhkan. Mulai dari berkas pembelajaran, super visi, maupun sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah yang akan di akreditasi.
Setiap instrumen dan perangkat akreditasi sekolah - Madrasah terdiri dari:
1. Instrumen Kreditasi Sekolah;
2. Juknis Kareditasi Sekolah;
3. Data pendukung yang perlu dipersiapkan;
4. Pedoman scoring;
5. Form penilaian;
6. Salinan PERMENDIKNAS atau PERMENDIKBUD tentang akreditasi sekolah.
Instrumen Akreditasi adalah isitlah yang digunakan dalam untuk sekumpulan berkas yang terdiri dari 8 standard yang harus diisi dan dijawab oleh pihak sekolah sesuai kondisi sekolah atau sebagai bukti bahwa sekolah tersebut benar-benar layak sesuai Undang-Undang nomor 22 tahun 1961.
8 satandar yang dimaksud adalah sebagai berikut:
  1. STANDAR ISI
  1. STANDAR PROSES
  1. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
  1. STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
  1. STANDAR SARANA DAN PRASARANA
  1. STANDAR PENGELOLAAN
  1. STANDAR PEMBIAYAAN
  1. STANDAR PENILAIAN
Oleh karena begitu banyaknya instrumen yang harus dikerjakan, maka diperlukan waktu, dana, dan team yang solid jika benar-benar ingin mendapatkan nilai yang baik jauh hari sebelum akreditasi dilaksanakan, setidaknya 5 tahun yang telah terlewati semua intrumen akreditasi sudah terpenuhi. Jadi tidak perlu ribut sana sini untuk mengisinya.
Demikianlah yang dapat saya sampaikan. Untuk 8 standart akreditasi dan lain-lainnya akan saya share pada posting berikutnya atau silahkan klik di sini.